Menemukan XL-ku yang Hilang



Pernahkah SIM Card XL Axiata kalian hilang di jalan ? Coba deh pakai cara ini untuk menemukannya.

Di rumah ada speaker bekas yang sudah rusak atau memang ga di butuhin lagi ? Buka aja dalamnya, dan ambil bagian magnetnya. Setelah itu, yang kamu butuhkan adalah seutas tali yang cukup panjang, satu meter boleh lah. Ikat tali itu pada magnet yang kalian dapatkan tadi.

Selanjutnya kalian ingat-ingat di sekitar jalan mana kehilangan SIM Card nya. Nah telusuri deh jalan tersebut menggunakan alat yang telah kalian buat. Letakkan saja magnet-nya di tanah, pegang ujung tali, terus seret deh magnetnya sepanjang jalan. Jika beruntung, kalian akan menemukan SIM Card yang dicari menempel pada magnet.

Hehehe, cara yang ribet dan ngawur itu yaa ?

Tapi jujur, cara tersebut pernah Saya lakukan beberapa tahun silam saat SIM Card XL Saya hilang. Saat itu Saya baru pertama kali nya menggunakan handphone, dan kebetulan kartu perdana yang perdana (pertama) kali Saya pakai adalah Kartu XL (waktu itu Saya di kelas 2 SMA). Itu semua pemberian dari kakak Saya, dan tentunya Saya sangat bahagia waktu itu. Teman-teman sekelas sudah lebih duluan punya handphone dan mereka juga kebanyakan menggunakan no XL. Karena saat itu banyak gratis telefon dan sms yang diberikan setelah hanya membayar beberapa rupiah. Dan di daerah Saya dulu itu XL lagi booming-boomingnya. Sampai sekarang juga mereka masih setia menggunakan no XL, meskipun no nya sudah sering berganti-ganti, tapi tetap XL pilihannya.

Saat sedang bahagia-bahagianya menggunakan no itu untuk miscall-in gebetan, ehh malah hilang. Karena saat itu Saya belum tau apa-apa tentang dunia teknologi handphone selain telefon dan SMS, serta tidak tahu ada layanan apa saja dari XL.

Di dorong rasa takut di marahin kakak, dan rasa semangat untuk terus deketin gebetan, cara seperti di atas Saya laksanakan juga untuk mencari SIM Card yang hilang. Dan akhirnya memang ketemu loh, setelah bolak balik beberapa kali menyusuri Sepanjang Jalan Kenangan :)

Namun sekarang, jika SIM Card XL kita hilang. Langsung saja datang XL Center terdekat. Saya juga punya pengalaman mengenai hal ini, cerita boleh yah ? :)

Saat itu Saya sudah berstatus mahasiswa di salah satu universitas Jogja, termasuk kota besar lah yah, jadi XL Center sudah tersedia di kota pelajar ini. No XL yang entah sudah ke berapa ini, hilang bersama handphone nya. Saya khawatir tidak bisa berkomunikasi dengan keluarga di kampung, takut ga bisa ngasi kabar kalo uang saku sudah habis sebenernya :)

Untungnya ada saja rejeki datang untuk membeli handphone baru, tinggal no XL nya, pengin tetap no XL yang lama karena itu termasuk no XL kesayangan, di beliin mantan soalnya, no nya kembaran cuma beda no belakangnya.

Setelah tanya sana-sini, dan googling mencari tahu caranya. Akhirnya Saya tahu kalo no XL yang hilang tersebut masih bisa di ganti dan no nya bisa tetep sama dengan datang mengurusnya ke XL Center. Berikut rangkuman singkat proses yang Saya lalui pada waktu itu, hari itu, jam itu, itu lah Saya tidak ingat lagi kapan presisnya, check it dot brother sister:

  1. Datang ke XL Center terdekat, jangan lupa bawa kartu identitas seperti KTP atau SIM kendaraan bermotor.
  2. Ambil no antrian, bilang saja ke satpamnya bahwa keperluanmu datang ke XL Center adalah untuk mengganti kartu. Tunggulah antriannya sampai no antrianmu di panggil dengan duduk manis di kursi nyaman yang tersedia.
  3. CS XL yang ramah akan menanyakan tujuanmu, bilang saja mau mengganti no XL dikarenakan rusak atau hilang.
  4. CS XL akan meminta KTP atau SIM dan memintamu menuliskan 3-5 nomer yang pernah di hubungi atau di sms oleh nomer XL mu.
  5. Setelah CS XL melakukan verifikasi, dan data yang kamu berikan di nilai valid, maka penggantian kartu XL mu akan di proses.
  6. Ada biaya untuk penggantian kartu, kalau dulu 10 ribu, sekarang Saya kurang tahu. Berbeda tiap daerah sepertinya, kata salah satu teman Saya bahkan gratis, yang pasti ga mahal lah.
  7. Setelah proses selesai, akhirnya No XL mu yang lama akan bisa kamu gunakan kembali deh.

Untung Waluyo

Untung Waluyo is a BEng candidate from One of Yogyakarta Universites. He is interest in the field of Renewable Energy and Smart House System.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar