Sebuah Tinjauan Mengenai Inovasi JAGADIRI


Dewasa ini perusahaan asuransi dihadapkan pada peningkatan tekanan untuk dapat mengurangi biaya dan meningkatkan target pendapatan disaat pertumbuhan industri sedang melambat. Hal ini dilakukan tentu saja untuk tercapainya kesuksesan finansial perusahaan, namun perlu diingat kembali bahwa kesuksesan finansial sangat erat kaitannya dengan penilaian tentang resiko yang dimasa mendatang mungkin terjadi dan penawaran produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Metode tradisional untuk meningkatkan margin keuntungan saat ini tidak sesuai lagi diterapkan untuk dapat mengikuti perubahan dunia industri dan peningkatan kompetisi, sehingga perusahaan asuransi dituntut untuk lebih inovatif. Tetapi peruasahaan asuransi inovatif sesungguhnya adalah perusahaan yang mengenali potensi besar brainstorming dan kolaborasi untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru serta solusi game-changing sambil memberikan dukungan pelanggan yang lebih baik.

Menjawab fenomena tersebut, PT Central Asia Financial (CAF) melalui brandnya yaitu JAGADIRI saat ini tengah melakukan suatu inovasi melalui program dan produk yang ditawarkannya.

Produk dan Jasa JAGADIRI


Berikut ini adalah produk-produk yang jadi andalan JAGADIRI (klik link untuk detailnya) :
  1. Accidental: Perlindungan diri dari segala bentuk kecelakaan, cocok untuk Anda yang mobile dan gemar travelling. ( Jaga Aman | Jaga Aman Instan )
  2. Live: Lindungi kebahagiaan diri Anda dan keluarga tercinta dengan produk ini. Proses aplikasi mudah, langsung disetujui. Kebahagiaan hidup di depan mata, priceless! ( Jaga Jiwa )
  3. Health: Asuransi kesehatan Anda banyak syaratnya? Jangan khawatir, produk ini memberi benefit lebih dengan proses cashless. Bukan zamannya lagi bawa uang tunai atau reimbursement ke rumah sakit! ( Jaga Sehat Plus | Jaga Sehat DBD )
  4. Unit Link: Menabung tidak pernah menyenangkan seperti ini! Selain mendapatkan manfaat investasi, Anda juga langsung terlindungi. Tidak hanya itu, biayanya tidak membebani, sesuai keinginan Anda. ( CAF Flexy Link )

Beberapa keunggulan dari layanan JAGADIRI

  • Pengembalian premi sebesar 50% yang akan dibayarkan setiap 3 tahun, baik ada kalim maupun tidak, prosedurnya hanya perlu menunjukan kartu saja, tidak ribet.
  • Beragam diskon di merchant-merchant terpilih dan tiket nonton gratis di Blitz Megaplex Grand Indonesia setiap bulan.
  • Claim Certainty Process (jaminan penerimaan klaim): bila dalam waktu 14 hari klaim asuransi belum ada kabar, klaim akan langsung dibayar.
  • Instant Protection (perlindungan instan dan langsung): hanya butuh waktu sekitar 6 menit, status proteksi langsung aktif setelah mengisi formulir pendaftaran secara online, setelahnya polis asuransi akan langsung dikirimkan melalui email pendaftar.
  • Best Transparent Price (biaya ringan dan transparan): tidak memakai jasa agen sehingga biaya menjadi lebih ringan dan transparan.
  • Akses yang mudah dan nyaman untuk melakukan cek klaim maupun konsultasi online yaitu melalui mobile apps atau melalui website www.jagadiri.co.id.
  • Produk asuransi yang sudah dibeli, masih dapat dibatalkan dalam waktu 14 hari setelah pendaftaran.

Inovasi adalah kata yang begitu sering digunakan ketika banyak orang sudah sampai pada tahap bosan atau letih. Sementara tidak dapat disangkal bahwa inovasi merupakan faktor penting untuk dapat menggerakan ekonomi dan perkembangan bisnis. Ada cara yang benar dan cara yang salah untuk melakukannya, apakah itu pada bidang asuransi atau industri lain. Beberapa elemen yang dibutuhkan untuk dapat mencapai inovasi yang benar, diantaranya adalah modal, kreativitas, dan konsumsi.

Elemen Modal dan Kreativitas pada JAGADIRI

Sumber daya finansial dan intelektual sangat penting untuk mengembangkan produk dan layanan terbaru yang dapat membuat kehidupan konsumen terasa berbeda dari sebelum mereka menggunakan produk atau layanan tersebut. Untuk elemen modal dan kreativitas, JAGADIRI termasuk sudah memenuhi kriteria, yakni karena PT Central Asia Financial (CAF) adalah salah satu bagian dari keluarga besar Salim Group, sehingga dalam hal finansial (modal) sudah terjamin statusnya. Sedangkan untuk sumber daya intelektual, hal ini  juga sudah tidak perlu diragukan lagi, Salim Group sebagai induk perusahaan memiliki rekam jejak terpercaya dengan suksesnya peluncuran berbagai perusahaan perbankan dan asuransi seperti Asuransi Central Asia (ACA), Central Asia Raya (CAR) dan Indolife yang reputasinya sudah teruji dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Pentingnya Elemen Konsumsi

Tentu saja bisnis di hampir setiap industri menghabiskan dana yang signifikan dan membutuhkan tenaga kerja yang profesional untuk dapat membuat dan mempromosikan inovasi produk. Jadi memang benar bahwa inovasi memerlukan investasi sebagai modal dan tenaga kerja professional sebagai sumber kreativitas, tetapi mungkin tidak sebanyak dan seribet yang terfikirkan.

Karena ternyata dengan adanya uang dan ide saja tidaklah cukup untuk membuat suatu inovasi dikatakan berhasil. Inovasi harus diselaraskan dengan permintaan konsumen agar inovasi tersebut dapat berkembang serta menghasilkan. Maukah kita sungguh-sungguh memikirkan suatu inovasi produk atau layanan jika nantinya tidak ada yang menggunakannya ?

Almarhum Steve Jobs, dianggap secara luas sebagai salah satu inovator terbesar di zaman modern, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan majalah Fortune pada tahun 1998: "Innovation has nothing to do with how many R&D dollars you have. When Apple came up with the Mac, IBM was spending at least 100 times more on R&D. It's not about money. It's about the people you have, how you're led, and how much you get it.".

Kata “it” pada akhir kalimat merujuk pada konsumen, seperti diketahui secara umum bahwa Steve Jobs sangat fokus dalam hal menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen produk Apple. Hal ini menunjukan bahwa elemen konsumsi yaitu adanya konsumen yang mau menggunakan hasil inovasi merupakan faktor yang sangat penting. Jadi suatu perusahan harus benar-benar memperhatikan hal ini, begitu juga dengan JAGADIRI.

Peluang inovasi pada industri asuransi kesehatan masih banyak yang belum tereksplorasi, karenanya jika JAGADIRI hanya melakukan proses inovasi tanpa dibarengi dengan pendekatan terhadap konsumen dengan cara yang benar. Maka JAGADIRI akan dengan cepat tertinggal oleh kompetitiornya. Karena tentu saja perusahaan asuransi yang lain juga tidak akan ada henti-hentinya melakukan inovasi.

Perusahaan asuransi kesehatan setiap tahunnya mengembangkan produk dan layanan baru. Dalam banyak kasus, tentu tidak semua, inovasi produk lebih didorong oleh tekanan kompetitif dibandingkan dengan permintaan konsumen. Itu adalah cara yang salah untuk melakukan inovasi.

Cara yang benar adalah menempatkan kebutuhan konsumen sebagai prioritas utama, memahami isyarat dimana, kapan dan apa yang harus dilakukan inovasi dengan mendengarkan kekhawatiran dan ambisi konsumen. Dengar, amati dengan seksama, dan lakukan antisipasi lebih. Pendekatan yang berpusat pada konsumen akan meningkatkan kemungkinan bahwa inovasi tidak hanya akan memecahkan satu atau lebih masalah secara nyata, keuntungan lainnya dapat menarik lebih banyak konsumen yang ingin merasakann inovasi tersebut, sehingga kesuksesan finansial dan kredibelitas perusahaan dimata masyarakat secara luas dapat tercapai.

Untuk itu dalam proses inovasi yang tengah dilakukannya, pihak JAGADIRI juga harus kembali bertanya apakah inovasi ini dilakukan hanya karena faktor tekanan kompetitif atau benar-benar ingin membantu konsumen. Karena apapun bentuk inovasinya, itu semua harus dimulai dan diakhiri dengan satu tujuan yakni membantu konsumen.

Harapannya tinjauan ini dapat dijadikan renungan bersama baik itu bagi penyedia jasa asuransi maupun bagi calon dan pengguna jasa asuransi.

Untung Waluyo

Untung Waluyo is a BEng candidate from One of Yogyakarta Universites. He is interest in the field of Renewable Energy and Smart House System.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar